Surakarta – Bertempat di ruang aula Gedung SBSN IAIN Surakarta, hari ini seluruh Dosen FITK bersama-sama membahas penyusunan LBKD. Kegiatan yang sekaligus rapat koordinasi perkuliahan semester ganjil Tahun akademik 2018/2019 ini sengaja ditempatkan di gedung Pakis dipimpin langsung oleh Wakil Dekan I FITK, Dr. Khuriyah, S.Ag., M.Pd tersebut ditujukan agar semua dosen tahu, ikut memiliki dan menjaga kampus 2 IAIN tersebut. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan pembukaan dan pengarahan dari Dekan FITK, Ketua Senat IAIN dan  Wakil Rektor I IAIN Surakarta.

Dalam sambutannya, Dekan FITK menjelaskan dihadapan seluruh dosen peserta kegiatan tentang pentingnya LBKD dalam menentukan kecepatan dan keakuratan pencairan honor sesuai SK yang sudah ada. Selain itu, Dr. H. Giyoto, M.Hum juga menjelaskan tentang penggunaan ruang di gedung Pakis disesuaikan dengan kebutuhan dan akan disharing dengan Pasca IAIN Surakarta.

Senada dengan sambutan Dekan FITK dalam sambutan Guru Besar sekaligus Ketua Senat IAIN Surakarta, Prof. Dr. Usman Abu Bakar, M.A., beliau menambahkan akan harapan dibangunnya kampus 2 IAIN Surakarta di daerah Pakis ini tidak lain adalah segera lahirnya UIN Surakarta. Beliau juga menghimbau kepada seluruh dosen peserta kegiatan untuk menjadi guru besar. Hal itu dikarenakan guru besar masih sangat minim untuk menunjang kemajuan IAIN Surakarta. Beliau pun mengingatkan bahwa tujuan utama dosen adalah menjadi guru besar bukan rektor. Menurut beliau, IAIN Surakarta haruslah menguasai teknologi dan pertanian organik yang islami.

Sedangkan Wakil Rektor I IAIN Surakarta, Dr. Abdul Matin bin Salman, Lc. M.Ag menyinggung tuntutan dunia pendidikan yang harus dihadapi IAIN Surakarta dalam 2 hal yaitu pengakuan dari luar dan pelayanan terhadap mahasiswa. IAIN Surakarta dituntut untuk mendatangkan mahasiswa dari daerah 3T. Beliau juga mengingatkan bahwa revolusi industri 4.0 menutut peningkatan kompetensi dosen yang berpacu dengan teknologi. Kebijakan percepatan guru besar dan lektor kepala jarang dilirik juga mulai dirubah untuk menggenjot jurnal yang telah ada.

Dari kegiatan tersebut diberitahukan bahwasannya awal perkuliahan ini dimulai pada tanggal 27 Agustus 2018 dan terakhir LBKD 28 Juni 2018. Selain info tersebut, cara baru penyusunan LBKD juga disampaikan secara langsung oleh Wakil Dekan II FITK, Dr. Purwanto, M.Pd. Beliau menyampaikan beberapa point yang harus diperhatikan dalam LBKD dengan didampingi oleh Dr. Fetty Ernawati, S.Psi., M.Pd. Pembangunan pondok dan pemberian reward kepada mahasiswa yang telah melakukan penulisan mahasiswa di media massa juga disinggung oleh Wakil Dekan III, Hj. Siti Choiriyah, M.Ag.

Di tengah kegiatan yang berakhir tepat pukul 12.00 WIB tersebut juga didakan Q & A session. Pada kesempatan tersebut, terjadi tanya jawab dari beberapa dosen peserta kegiatan dengan dijawab langsung oleh Dekan dan Wakil Dekan II FITK.