Surakarta – Demi tingkatkan peran Prodi PAI Dosen PAI FITK,┬áDrs. Suluri, M.Pd ikuti kegiatan Pertemuan Konsorsium Prodi PAI se-Indonesia. Kegiatan yang diadakan pada tanggal 6-8 Juli 2018 di Hotel Grand Suka Pekanbaru Riau tersebut mengangkat tema “Optimalisasi Peran Prodi PAI dalam Mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Pendidikan Agama Islam Internasional”.

Dalam acara tersebut Kajur PAI FITK tersebut berangkat menggunakan pesawat bertolak dari Surakarta ke Riau pada tanggal 6 Juli 2018. Sesampainya di Riau, beliau pun segera bergabung dengan rombongan seminar. Pada hari Jum’at itu kegiatan diakhiri tepat pukul 22.00 waktu setempat.

Pada hari berikutnya, kegiatan diisi oleh keynote speaker pada pukul 08.00 waktu setempat. Kegiatan yang rencana awalnya mendatangkan Dirjen Pendis Prof. Dr. Phil H. Kamaruddin Amin, MA sebagai keynote speaker. Dikarenakan ada tugas dadakan dari Menteri Agama, beliau pun berhalangan hadir sehingga akhirnya digantikan oleh Direktur PAI Kemenag RI, Dr. Imam Syafii M.Pd. sebagai keynote speaker.

Pada kesempatan tersebut Dr. Imam Syafii M.Pd memaparkan beberapa ide yang dimilikinya tentang masa depan PAI dengan ciri khas gaya akademisinya. Beliau menyelesaikan paparan materinya pada pukul 11.00.

Setelah seminar acara dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus perkumpulan prodi PAI (PP-PAI) Indonesia.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan pembahasan AD-ART dan pembuatan rencana program kerja setiap departeman. Saya berada di departemen pengembanan organisasi dan SDM.

Setiap departemen berkumpul seperti FGD untuk merancang program kerjanya. Sungguh terlihat suasana akademis dan suasana kekompakan di forum konsorsium PAI ini. Setelah selesai merancang program kerjanya, tiap departeman mempresentasikan di depam forum dan siap dikritisi. Setelah selesai presentasi tiap departemen, acara dilanjutkan dengan sidang pleno sampai jam 22.30.

Setelah selesai pleno acara dilanjutkan dengan acara penutupan meskipun rencananya penutupan diagendakan hari ketiga. Hal ini dikarenakan semua target pertemuan ini bisa dilaksanakan dengan baik dengan menghasilkan output yang produktif seperti AD-ART, program kegiatan tiap departemen, dan lain-lain.

Pada hari ketiga, Ahad tanggal 8 Juli 2018, Drs. Suluri, M.Pd pulang ke Surakarta.