Surakarta – Proses pendidikan anak usia dini membutuhkan seperangkat media pembelajaran yang memadai dan sesuai dengan tumbuh kembang mereka, untuk itu menjadi sangat penting untuk memberikan pembekalan yang cukup kepada guru tentang pembuatan inovasi pembuatan APE PAUD yang mendukung perkembangan anak.

Dalam rangka mewujudkan berkembagnya media pembelajaran AUD, kelompok 3 Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK adakan workshop di Gedung Aisyiyah Delanggu Klaten pada tanggal 29 Maret 2018 lalu.┬áKegiatan yang diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD se-Kecamatan Delanggu tersebut, digawangi oleh Subar Junanto, M.Pd., Tri Utami, M.Pd.I., dan Khasan Ubaidillah, M.Pd.I. Workshop tersebut mengambil tema “Pengembangan Media Pembelajaran PAUD berbasis Bahan Alam”.

Ketiga dosen PIAUD FITK tersebut bergantian menjadi fasilitator dalam serangkaian acara tersebut. Ketiganya sepakat bahwasannya kegiatan pendidikan AUD ditunjang oleh beberapa komponen, yakni komponen output dan input. Media pendidikan memerlukan sarana untuk penyajiannya namun yang penting adalah pesan belajar yang dibawakan melalui media tersebut. Tak lupa mereka juga memberikan beberapa sample media pembelajaran yang terbuat dari beberapa bahan yang mudah didapat.