Surakarta РTingkatkan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalahnya sendiri (sosial), dosen jurusan Sejarah Peradaban Islam FITK lakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM).  PkM dilaksanakan pada tanggal 14 April 2018 di Podok Pesantren Al Falah Sukoharjo. Kegiatan tersebut pun diikuti oleh 35 peserta yang keseluruhannya terdiri dari para santri pesantren Al Fattah dan Al Hikmah.

Kegiatan PkM yang mengangkat tema “Pembuatan Digitalisasi Profil Pesantren” tersebut dimulai pada pukul 07.30 WIB dan diakhiri pada pukul 16.30 WIB. Kegiatan dimulai dengan registrasi pada pukul 07.00 WIB oleh tim PkM SPI. Kemudian pembukaan dan sambutan dari tim PkM SPI FITK dilanjutkan sambutan perwakilan dari PPAFT., Ust. Abdul Hakim dan Ust. Azzam.

Pengarahan dan presentasi  dari tim PkM SPI FITK terdiri dari 4 bagian. Bagian pertama, peserta diberikan materi yang dipaparkan langsung oleh MartinaDasar pegenalan teknologi kamer, teknik pengambilan gambar, penataan kamera dalam produk sinema. Bagian kedua, materi disampaikan oleh Moh.Mahbub dengan isi fundamental teknik pencahayaan dan tata suara. Bagian ketiga tentang Pengenalan editing film disampaikan oleh Irma Ayu. Sedangkan Bagian terakhir diisi oleh Martina dengan acara praktek merancang dan produksi profil pesantren.