Fordista IAIN Surakarta mengadakan kegiatan Seminar Nasional Literasi dengan tema “Menggiatkan Budaya Literasi untuk Meningkatkan Prestasi Akademisi”, pada Seminar kali ini mengundang 2 pembicara yaitu : 1) Muh Rijal Wahid Muharram, M.Pd (Motivator Nasional, mahasiswa berprestasiUPI, pengerak budaya minat baca daerah Jawa Barat, dosen muda UPI), 2) Dr. Muh Munadi, M.Pd (WR II IAIN Surakarta). Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa, tangga 30 Oktober 2018 bertempat di Aula Pascasarjana lt.4.

Pada materi pertama disampaikan oleh Muh Rijal dengan penyampaian membudayakan minat baca bagi mahasiswa, “Mhasiswa harus mempunyai waktu khusus untuk membaca. Karena membaca dan menulis adalah awal dari sebuah prestasi”. Dan materi kedua disampaikan oleh Dr. Munadi, M.Pd., dalam penyampaiannya beliau berpesan kepada peserta untuk menjaga dan meningkatkan semangat membaca serta menulis, menulis apapun itu. Baik fiksi maupun non fiksi. Karena kuaitas menulis bisa dilihat dari banyaknya ia membaca. Diakhiri sesi beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa harus melek terhadap literasi untuk menunjang penyelesaian studi yaitu skripsi.

Ketua panitia juga menyampaikan bahwa “acara ini bertujuan guna menyadarkan mahasiswa untuk mencintai buku, membaca serta menulis. Selain itu juga menjadi motivasi peserta untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi dalam akademisi”.