Bg

Berita - FAB IAIN Surakarta

Kegiatan Magang 2 Prodi BSA FAB Tahun 2019

17 Oktober 2019

Kegiatan magang 2 yang telah dilaksanakan selama sebulan lebih ini oleh mahasiswa program studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Bahasa Institut Agama Islam Negeri Surakarta telah berakhir pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 ini. Pada pertemuan terakhir tadi sekaligus dengan penutupan dan penyerahan kembali peserta magang 2 dihadiri oleh Dosen Pembimbing juga, bapak Hamdan Maghribi.

Pada pertemuan terakhir ini, bapak Adnan selaku Direktur dari Aqwam sendiri menyampaikan beberapa nasihat terakhirnya, mengenai pengalaman beliau selama memasarkan buku-buku yang telah diterbitkan dari Aqwam, hingga mendapat banyak sekali perdebatan ketika mencoba ingin memasukkan produknya ke Gramedia waktu itu. Sehingga peserta magang pada kali ini tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai bagaimana menerjemahkan naskah yang benar, bagaimana editing yang benar, tetapi juga mendapatkan pengetahuan mengenai bagiamana proses-proses dalam menerbitkan buku, mulai dari editing teks, lalu ada edit layout, edit cover, hingga teknik pemasaran yang baik hingga peserta magang menerima pengetahuan yang lebih dari cukup.

Ada juga sesi penyerahan produk hasil karya peserta magang 2 kepada Aqwam, berupa buku terjemahan Ayyuhal Walad karya Abu Hamid Al-Ghazzali. Buku ini merupakan produk kedua dari prodi BSA IAIN Surakarta setelah produk yang pertama oleh BSA angkatan 2015 yang menerjemahkan pula kitab Nurul Yaqin. Lalu pertemuan terakhir sekaligus penutupan ini diakhiri dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan terakhir dalam kegiatan magang 2 kali ini.