Surakarta —Delegasi Institut Agama Islam (IAIN) Surakarta, Sabtu (14/10/2017), meraih gelar juara pertama tingkat nasional pada Lomba Reporter Speech Bahasa Arab dalam Arabic Fair yang digelar di Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Arabic Fair  merupakan rangkaian aneka kegiatan tingkat nasional terkait budaya Arab yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya dan Sastra, Universitas Sebelas Maret (UNS). Dalam acara bertema  “Kilau Cahaya Negeri Sahara” itu digelar berbagai perlombaan, talk show, bazar, dan baktisosial. Pada kegiatan perlombaan, panitia menyelenggarakan enam lomba.Keenam lomba itu adalah istima’  dan imla’  atau istimla’ yakni perlombaan kemampuan mendengarkan dan menulis dalam bahasa Arab, debat bahasa Arab, musabaqah qira’atul kutub yaitu perlombaan membaca kitab kuning, reporter speech bahasa Arab atau perlombaan melaporkan berita dalam bahasa Arab, arabic voice yakni lomba menyanyi lagu berbahasa Arab, hadrah, serta lomba baca puisi berbahasa Arab yang dikhususkan bagi para pelajar.

Delegasi IAIN Surakarta mengikuti lima dari enam lomba tersebut. Untuk memenuhi undangan Arabic  Fair itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab IAIN Surakarta menyeleksi seratusan mahasiswa baru dan lama sebagai calon kontingen, sehingga diperoleh 17 orang anggota delegasi. Sebelum di ikutkan lomba,  anggota kontingen terlebih dulu menjalani pelatihan selama sekitar dua pekan yang menghadirkan dosen pembimbing sebagai instruktur. Dari lima perlombaan yang diikuti, kontingen IAIN Surakarta berhasil meraih satu gelar juara, yakni Juara I Lomba Reporter Speech Bahasa Arab, atas nama Abdullah Muhammad Fadaq. Ia adalah mahasiswa  Semester III Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, IAIN Surakarta.

Talk show tingkat nasional juga digelar di Auditorium Kampus UNS Kentingan menghadirkan penulis buku 99 Cahaya di Langit Eropa, Hanum Salsabila Rais. Sedangkan lomba-lomba yang terbuka kalangan umum, mahasiswa, dan pelajar SMA-MA atau sekolah sederajat digelar di Kampus Fakultas Budaya dan Sastra UNS, Kentingan Solo. Sehubungan dengan ini,  maka saya selaku penulis berharap semoga himpunan mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab (IAIN) Surakarta lebih meningkatkan potensi, minat dan bakat,  serta menjadi wadah untuk mahasiswa yang ingin mewujudkan prestasi dalam bidang bahasa Arab. Terutama lebih bermanfaat untuk para mahasiswa. Sekian dan terimakasih. (Umum_FITK)