Surakarta РMahasiswa jurusan Tadris Bahasa Indonesia (TBI) FITK  ikuti kegiatan pemilihan duta bahasa Jawa Tengah Tahun 2018. Kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Jawa Tengah tersebut meliputi 3 tahapan, yakni seleksi administratif, tes UKBI dan tes wawancara. Tahap terakhir meliputi presentasi program kerja.

Pada tanggal 26 Juni 2018, 3 Mahasiswa TBI, Rifqi Nadhif Firstyawan, Dwi Kurniasih dan Agustika Savira berangkat mengikuti serangkaian tes di Balai Bahasa Jawa Tengah. Serangkaian tes tersebut adalah tes Uji Kemahiran Bahasa Indonesia (UKBI) dan tes wawancara yang meliputi tiga bahasa (Indonesia, Jawa, Asing). Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB dilanjutkan tes wawancara pada pukul 13.00 WIB – selesai.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk mencari muda mudi yang memiliki kecakapan di bidang bahasa guna membantu badan bahasa dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia dan daerah tersebut itu juga mempunyai tujuan untuk meneruskan perjuangan duta bahasa di tahun-tahun sebelumnya dalam hal membantu program kerja balai bahasa Jawa Tengah.

Pada tanggal 3 Juli 2018, dari ketiga mahasiswa yang berangkat lomba hanya Rifqi yang dinyatakan lolos. Rifqi, mahasiswa jurusan TBI semester 6 asli surakarta tersebut merupakan satu-satunya peserta dari TBI FITK berhak melenggang ke tahap selanjutnya. Rifqi kemudian menjalani kegiatan pra-karantina di Balai Bahasa Jawa Tengah selama tanggal 6-7 Juli 2018. Dia bergabung dengan 30 finalis lainnya yang terdiri 15 putra dan 15 putri. Hari pertama, Rifqi dan peserta lainnya difokuskan belajar tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Sedangkan pada hari kedua, Rifqi dan seluruh finalis dituntun panitia untuk belajar tentang public speaking. “Pada hari kedua ada sedikit games, mungkin saat itu dimaksudkan untuk merefresh peserta“, tutur Rifqi saat ditemui siang ini disela-sela dia mengurus berkas kegiatannya (Senin,16/07).

“Ujian lomba ini berat terlebih saya harus membawa nama kampus”, ucap¬†mahasiswa berkulit putih tersebut sambil senyum-senyum. “Semoga saya bisa lolos 3 besar”, lanjutnya. Rifqi pun tidak lupa untuk meminta doa dari seluruh civitas akademika IAIN Surakarta untuk terus memberi dukungan doa kepadanya supaya dia dapat lolos jadi 3 besar di pemilihan duta bahasa Balai Bahasa Jawa Tengah pada tanggal 17-18 Juli 2018 di Hotel Grand Wahid Salatiga.