Pelaksanaan kegiatan perkuliahan, seminar proposal dan ujian skripsi/ munaqosyah

selama menghadapi Pandemi Covid-19

 

Kepada Yth
Kaprodi/Sekprodi, Kepala Unit, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa
di lingkungan FAB IAIN Surakarta

 

Assalamualaikum wr wb

Berdasarkan pada perkembangan wabah pandemi Covid-19 dan memperhatikan Surat Edaran (SE) Kemenag RI dan Rektor IAIN Surakarta, maka Kegiatan perkuliahan, seminar proposal dan ujian skripsi/ ujian munaqosyah dalam kondisi KLB Covid-19 di lingkungan FAB dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Terkait Perkuliahan
  • Perkuliahan menggunakan media daring baik yang disediakan PTIPD atau media lain yang memungkinkan, namun tidak memberatkan dalam hal teknis dan pembiayaan. Petunjuk tentang penggunaan Learning Management System (LMS) Untuk Aktivitas E-Learning dapat diakses melalui:¬†https://fab.iain-surakarta.ac.id/learning-management-system-lms-untuk-aktivitas-e-learning/
  • Setiap dosen membuat grup WA dengan mahasiswa yang diampunya untuk menyepakati jenis media yang digunakan untuk kuliah daring yang memungkinkan terjadinya pembelajaran yang optimal namun tidak memberatkan dosen maupun mahasiswa dalam hal teknis dan pembiayaannya. Mengingatkan kondisi, lingkungan dan kesiapan mahasiswa yang berbeda-beda.

 

  • Terkait kegiatan seminar proposal dan ujian skripsi/munaqosyah:
  • pendaftaran (bagi mahasiswa yang sdh memenuhi syarat) tetap dilayani oleh petugas dengan pemanfaatan media online dari PTIPD (media menunggu proses)
  • Pelaksanaan seminar proposal dan ujian skripsi dilaksanakan menggunakan media online yang ada sesuai kesepakatan tim penguji dan mahasiswa yang diuji dengan memperhatikan:
    • Terjadi kegiatan presentasi, pengujian dan tanya jawab secara interaktif
    • Terjadi kegiatan seminar dan ujian skripsi yang optimal namun tidak memberatkan kedua belah pihak baik secara teknis dan pembiayaannya.

Demikian mohon di jadikan perhatian dan dilaksanakan. Jika ada tanggapan bisa diajukan ke Kaprodi/Sekprodi untuk diteruskan ke pimpinan Fakultas.

Wassalamualaikum wr wb

Surakarta, 29 Maret 2020

a.n Dekan

WD1 FAB

================================

Nb: Himbauan untuk seluruh civitas akademika di lingkungan FAB

Jika ada permasalahan akademik
– ketidaksesuaian antara kebijakan dan kondisi lapangan
– ketidaksesuaian antara harapan mahasiswa dan perkuliahan dosen
– ketidaksesuaian antara harapan dosen dan kondisi mahasiswa
– ketidaksempurnaan media yang tersedia, …dsb
Mhn sekiranya dimaklumi dan diusahakan diselesaikan dengan musyawarah yang damai mengingat kita masih dalam kondisi KLB. Mohon dimaklumi semua.

Demikian harap menjadikan maklum. Terima Kasih