Surakarta –¬†Perkuat Maharat Lughawiyyah, Jurusan PBA adakan Praktik Keahlian. Bertempat di Gedung Eks-Pascasarjana IAIN Surakarta, Jurusan PBA menyelenggarakan praktik keahlian Qiroah-Kitabah bagi mahasiswa semester tujuh. Kegiatan yang dilaksanakan pada 15 September 2018 ini mengambil tema Al-Istirotijiyyat fi Fahm al-Nusus al-Arabiyyah. Ketua Jurusan PBA, Dr. Toto Suharto,M.Ag. dalam sambutan pembukaannya menyebutkan bahwa dengan tema ini diharapkan mahasiswa memiliki kiat-kiat jitu dalam memahami teks berbahasa Arab. Menurutnya, kegiatan pembukaan ini hanya merupakan pintu masuk bagi mahasiswa untuk mengikuti praktik keahlian, sebab setelah ini mereka akan mengikuti pembelajaran tutorial praktik keahlian di kampus selama 10 kali pertemuan.
Acara ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan FITK bidang akademik. Dalam sambutannya, Dr. Khuriyah, M.Pd. menyatakan bahwa penyelenggaraan praktik keahlian ini merupakan bukti komitmen fakultas untuk meningkatkan kualitas lulusan. “Karena kami mencintai kalian, maka kami berupaya untuk melayani kalian agar kelak menjadi lulusan yang bermutu. Praktik keahlian ini salah satu bukti cinta kami”, demikian tegasnya.
Sementara itu, yang menjadi narasumber pada kegiatan praktik keahlian ini adalah Dr. Abdul Munip, M.Ag dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pakar teks Arab ini menyatakan bahwa untuk dapat memahami teks Arab, diperlukan kemampuan kebahasaan sebagai modal dasarnya. Praktik keahlian semacam ini menjadi penting untuk dilakukan, dalam rangka memberikan modal kebahasaan tersebut, apalagi nanti diikuti dengan pembelajaran tutorial di kelas. Pembukaan
Praktik keahlian jurusan PBA kali ini diikuti oleh 75 mahasiswa PBA. Para peserta dengan antusias mengikuti pembukaan ini, dengan banyak memberikan pertanyaan kepada narasumber. Di sela-sela paparan materi, bahkan narasumber sesekali melakukan tes awal dengan menampilkan teks Arab yang kemudian dicobakan untuk dipahami mahasiswa. Selamat berpraktik mahasiswa jurusan PBA.