Sabtu, (12/09) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mengadakan kegiatan praktik keahlian 2 dengan tema Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning untuk Penguatan Skill Reading dan Writing. Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti oleh mahasiswa semester tujuh dan beberapa mahasiswa semester atas prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang belum mengambil praktik keahlian di semester sebelumnya.

Acara yang dipandu oleh Wildan Mahir Muttaqien, M. A. TESL sebagai host ini mengundang narasumber M. Khanif, M. Pd. B. I. Sebelum masuk ke acara inti, praktik keahlian 2 PBI ini dibuka terlebih dahulu oleh Prof. Dr. Sujito, M. Pd. selaku Wakil Dekan I Fakultas Adab dan Bahasa (FAB). Dalam sambutannya beliau menyarankan agar dosen dan mahasiswa memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat daring meski dengan segala tantangan yang ada. Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi PBI ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa sehingga kelak para lulusan mampu menjadi praktisi handal di bidang kebahasaan.

Setelah sambutan dari Wakil Dekan I, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Sebelum narasumber menyampaikan materi, Dr. H. Zainal Arifin, M. Pd. selaku  moderator memperkenalkan narasumber kepada peserta. Secara singkat, M. Khanif M. Pd. B. I merupakan founder OTW (Online Training Workshop) yang memiliki beberapa mitra untuk pelatihan online media ajar. Di akhir training, peserta pelatihan akan diberikan sertifikat 32 jam yang biasa dimiliki oleh para guru.

Materi yang disampaikan oleh M. Khanif, M. Pd. adalah tentang pengembangan media ajar berbasis IT for Reading and Writing. Menurut Mr. Khanif, sama seperti metode mengajar yang lain, media ajar berbasis IT juga harus mengutamakan tujuan pembelajaran seperti yang tercantum di lesson plan. Pengajaran berbasis IT bukan berarti hanya fokus ke entertainment atau hiburan semata, namun perlu merujuk ke tujuan pembelajaran dari RPS yang dibuat. Khusus untuk reading dan writing, media yang disarankan oleh Mr. Khanif adalah perekam layar, yang mana media ini merupakan cara paling sederhana dan mudah dalam penyampaian materi karena mahasiswa hanya perlu merekan apapun yang ada di layar laptop mereka dengan ditambah audio yang diinginkan. Beberapa aplikasi perekam layar yang dijelaskan dalam praktik keahlian ini di antaranya Free Cam 8 dan X-Recorder. Pemaparan materi oleh narasumber ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta.

Di akhir acara, Kaprodi PBI, Budiasih, M. Hum tak lupa menyapa para peserta dan menyampaikan apresiasi serta rasa terimakasih karena telah mendukung Praktik Keahlian 2 PBI ini sehingga acara berjalan lancar dan sukses.

Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu membuat video pembelajaran untuk skill reading dan writing dan di upload di channel youtube Prodi PBI. Setelah selesai mengunggah video, mahasiswa berhak mendapatkan sertifikat Praktik Keahlian 2 yang kelak akan digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran munaqosah. (Nuning/MSI)