Bg

Berita - FAB IAIN Surakarta

Prodi TBI Bekali Keahlian Mahasiswa dengan Pelatihan Berbasis IT Sulih Suara

2 Mei 2019

Program studi Tadris Bahasa Indonesia adakan praktik keahlian 2 pada Kamis (2/05). Praktik ini berisi tentang pembuatan media pembelajaran bahasa Indonesia berbasis IT sulih suara (Dubbing Voice Over, Audio Descreption). Peserta kegiatan ini merupakan mahasiswa TBI  semester 4 yang secara khusus di dampingi oleh Romdhoni Prakoso, M.Pd. selaku pemateri dalam pelatihan tersebut. Kegiatan berlangsung di Aula FAB IAIN Surakarta dimulai pada pukul 08.00-12.00 WIB.

Sistematika praktik keahlian 2 pembuatan media membagi mahasiswa menjadi 13 kelompok dengan laptop yang sudah terinstal aplikasi Video Sribe, kemudian mengisi suara pada video dan naskah yang sudah dipersiapkan. Para mahasiswa maju dengan kelompok masing-masing untuk secara langsung memperagakan sulih suara. Gelak tawa mahasiswa pecah melihat kemahiran para mahasiswa yang maju dengan suara unik dan mendalami karakter.

Praktik keahlian 2 adalah kelanjutan dari praktik keahlian 1 yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang telah diadakan pada bulan April. Kedua hal tersebut bertujuan untuk membekali keahlian mahasiswa sehingga dapat berinovasi dan mengasah kemampuan kreatif seorang guru ketika lulus nanti agar lebih produktif. Selaras dengan isi sambutan Giyoto selaku Dekan FAB IAIN Surakarta “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini para mahasiswa TBI memiliki produk-produk pembelajaran yang unik dan kreatif untuk berinovasi dan mampu bersaing dalam dunia pendidikan. Saya tunggu hasilnya.” Tegasnya.

“Profil utama lulusan memang menjadi seorang guru, namun dengan adanya praktik keahlian ini saya berharap akan menjadi nilai tambah mahasiswa TBI untuk dapat bekerja dilintas bidang seperti menjadi dubber maupun bekal sebagai guru yang ahli dalam berbagai bidang.” Tutup Siti Isnaniah selaku Kajur TBI dalam sambutannya. (Septi Wulan Sari)