VISI, MISI, DAN TUJUAN  FAKULTAS ADAB DAN BAHASA

Visi:

“Menjadi Fakultas Unggul dan Inovatif dalam Ilmu-ilmu Keadaban dan Kebahasaan untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Maju Berkeadaban pada 2034”

 

Visi di atas bertolak dari visi UIN Raden Mas Said Surakarta sebagai berikut:

“Menjadi Universitas Islam Unggul dan Inovatif untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia Maju Berkeadaban pada 2034”

Keywords:

Unggul dan inovatif: Unggul adalah: 1 a lebih tinggi (pandai, baik, cakap, kuat, awet, dsb) dp yg lain-lain; utama (terbaik, terutama); 2 menang. Inovatif adalah a bersifat memperkenalkan sesuatu yg baru; ber-sifat pembaruan (kreasi baru). Ilmu-Ilmu Keadaban dan Kebahasaan : mandat keilmuan PTKI, rumpun ilmu UU PT 12/2012, nomenklatur keilmuan Dikti Masyarakat Indonesia Maju Berkeadaban : Maju adalah 1 v berjalan (bergerak) kemuka; tampil ke muka: 2 v mendesak ke depan (tt pasukan); pergi atau keluar ke medan perang: 3 v menjadi lebih baik (laku, pandai, dsb); berkembang; 4 v lulus (dl ujian); 5 a telah mencapai atau berada pd tingkat peradaban yg tinggi; 6 a cerdas; berkembang  pikirannya; berpikir dng baik. Berkeadaban adalah: ke·a·dab·an n ketinggian tingkat kecerdasan lahir batin; kebaikan budi pekerti (budi Bahasa dsb) 2034 : tahapan proses pencapaian

Tagline: Creative-Collaborative, Polite-Smart, Professionality?

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan pengajaran keilmuan adab dan bahasa yang berwawasan lingkungan dan kearifan lokal untuk mewujudkan masyarakat Indonesia maju berkeadaban;
  2. Mengembangakan tradisi ilmiah melalui penelitian transdisiplin dan publikasi ilmiah bagi penguatan inovasi ilmu-ilmu keadaban dan kebahasaan;
  3. Meningkatkan kontribusi fakultas bagi pemberdayaan kesejahteraan masyarakat berbasis keilmuan adab dan kebahasaan;
  4. Meningkatkan kerja sama nasional dan internasional dalam bidang pendidikan pengajaran, penelitian, publikasi ilmiah dan pengabdian masyarakat berbasis keilmuan adab dan bahasa untuk menciptakan tatanan dunia yang damai dan bermartabat.

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan keilmuan adab dan kebahasaan yang profesional, kompetitif, dan berkarakter Islam yang dapat menjadi acuan secara nasional maupun regional.
  2. Menghasilkan temuan-temuan penelitian inovatif dalam bidang keilmuan adab dan kebahasaan.
  3. Menghasilkan layanan masyarakat yang berkaitan dengan keilmuan adab dan kebahasaan dalam berbagai bentuk, baik akademik maupun non akademik.
  4. Menghasilkan tata kelola yang Islami dan memperluas kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dengan keilmuan adab dan kebahasaan.