Jum’at (03/09/2021) Dalam rangkat menyambut datangnya mahasiswa baru Bahasa dan Sastra Arab Universitas Raden Mas Said Surakarta tahun 2021/2022. HMPS BSA  menyelenggarakan kegiatan Pekan Ta’aruf Sastra (PATAS) guna mempererat solidaritas. Acara ini juga dihadiri oleh Kaprodi H. Abdul Ghofur, M.Ag. dan Sekretaris Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Muhammad Nur Kholis. M.Pd.I. Dalam kesempatan tersebut Kaprodi menyampaikan pesan agar mahasiswa lebih aktif menjadi mahasiswa dalam akademik atau organisasi.

“Sebagai mahasiswa agar perkuliahan kalian terarah maka saya sarankan untuk memperhatikan kalender akademik dan buku panduan sehingga kalian dapat lulus tepat waktu. Ada beberapa kreteria mahasiswa dalam perkuliahan, ada mahasiswa yang kuliah IPKnya bagus organisasinya bagus ini yang menjadi idaman semua mahasiswa bagaikan berjalan di jalan tol yang mulus. Kemudian ada juga mahasiswa dengan IPK bagus tetapi kegiatan social atau organisasinya kurang ini masih gak masalah kalau menurut saya. Yang ketiga, mahasiswa IPKnya kurang tetapi organisasinya bagus ini tidak boleh. Dan yang terakhir ada mahasiswa IPKnya jelek organisasinya juga jelek ini yang parah. Maka dari itu, diharapkan mahasiswa agar lebih aktif baik dalam akademik atau berorganisasi” ucapnya.

PATAS kali ini disasarkan kepada seluruh Mahasiwa baru prodi bahasa dan sastra arab yang berjumlah 67 orang. Kegiatan dilakukan di gedung FAB lantai 2 ruang P 2.5. Panitia pun terbagi menjadi dua panitia offline yang berada dalam ruang kegiatan dan panitia online melalu zoom. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut juga terlihat dari para dosen BSA yang menyaksikan acara secara daring.

Acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia Fatimah Munaroh dan ketua HMPS Dika Ayu Permatasari. Dalam sambutan, ketua panitia PATAS menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa baru BSA yang sudah ikut berpartisipasi walaupun kondisi tidak memungkinkan untuk tatap muka secara langsung, juga terima kasih kepada rekan panitia atas kerjasamanya sehingga dapat mengadakan kegiatan ini. Selain itu beliau juga menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan mahasiswa baru seputar Program Studi Bahasa dan Sastra Arab.

Sebagai Ketua Program Studi Bahasa Arab H. Abdul Ghofur, M.Ag. juga memberikan sambutannya dalam acara ini. Inti acara Pengenalan Prodi BSA ini di sampaikan oleh Sekretaris Prodi BSA yaitu Muhammad Nur Kholis, M.Pd.I.. Dalam pemaparannya beliau menyampaikan visi misi Prodi BSA dan memberikan saran kepada mahasiswa baru agar mempermudah dan memperlancar perkuliahan hingga lulus dengan tepat waktu.

Pada acara selanjutnya yaitu pengenalan HMPS yang di sampaikan oleh ketua HMPS dibantu setiap CO divisi untuk memaparkan hal hal seputar HMPS. HMPS BSA terdiri dari empat divisi yaitu divisi kesusastraan, divisi PSDM, divisi Media dan Jaringan dan divisi Event. Selain pengenalan prodi dan HMPS adapun sosialisasi dari beberapa organisasi Bahasa Arab yaitu ITHLA ( Ittahadu Tholabah Al Lughah Arobiyah) dan IMASASI (Ikatan Mahasiswa Sastra Arab Seluruh Indonesia) yang disampaikan secara daring.

Tidak hanya itu saja, HMPS juga menampilkan beberapa tampilan yaitu Taqdimul Qisah, Puisi Gabungan, Drama, dan juga musikal puisi yang di tampilkan di setiap selang acara satu dengan lainnya.

Di akhir acara kegiatan diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi bersama. Dapat dilihat dengan aktif nya mahasiswa baru dalam bertanya maupun berdiskusi. Kemudian ditutup dengan do’a bersama dan pemberian door prize.

Dengan izin Allah dan antusias para peserta dan dosen kegiatan terlaksana dengan lancar tanpa halangan.