Surakarta, 24 – 27 April 2021, telah diadakannya diskusi online dengan tema besar yaitu “Take Your Time to Prepare Your Bright Future” oleh Divisi Perhubungan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta (EDSA) yang berkolaborasi dengan pihak Youth Break the Boundaries (YBB) yang berjalan dengan baik dan lancar.

     Diskusi online yang diadakan empat hari itu, dipimpin oleh Sinta Ari Susanti sebagai moderator, selaku ketua dari Divisi Perhubungan HMPS EDSA dan Ambassador dari pihak YBB. Serta materi disampaikan oleh Miss Hilyatushalihah Khalis Audah B. Sc., yang diterima pada 8 universitas dunia dan mendapatkan 3 beasiswa internasional.

    Acara ini berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh peserta dari berbagai macam kalangan. Acara dimulai oleh pembawa acara yaitu Kristin Oktavia, kemudian kegiatan diambil alih oleh moderator yaitu Sinta Ari Susanti untuk memandu jalannya diskusi. Selanjutnya yaitu acara inti penyampaian materi yang disampaikan oleh Miss Hilyah Audah, dan berakhir dengan sesi tanya jawab dan sesi foto bersama untuk dokumentasi.

      Acara pada hari pertama yaitu 24 April 2021 pada pukul 10.00-11.30 WIB diikuti oleh 85 peserta dengan subtema yaitu “Assalamualaikum UK: All About Scholarship” membahas mengenai pengalaman pribadi dari pemateri mengenai beasiswanya, bagaimana step-step beliau mendapatkan beasiswa dan tips bagaimana kita untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

      Adapun diskusi pada hari kedua, 25 April 2021 pukul 16.00-17.10 WIB diikuti oleh kurang lebih 63 peserta dengan subtema pembahasan yaitu “How to Make a Good Curriculum Vitae for Scholarship” dengan mencakup isi dari curriculum vitae, apa saja hal relevan yang boleh dicantumkan, dan apa saja yang tidak boleh dicantumkan didalamnya. Sehingga diharapkan peserta dapat membuat curriculum vitae yang baik dan benar di kemudian hari.

     Sementara hari ketiga diskusi dilaksanakan pada 26 April 2021 dengan jam yang sama seperti hari sebelumnya, diikuti oleh kurang lebih 65 peserta dengan subtema yaitu “How to Make a Good Motivation Letter” yang  mencakup materi mengenai mencari riset mengenai beasiswa yang akan diambil terlebih dahulu, menyiapkan inti dari motivation letter (visi misi, data, impact), membuat outline, dan pengaturan dari isi motivation letter tersebut.

     Serta pada hari terakhir yaitu 27 April 2021 dengan jam yang sama, diikuti oleh kurang lebih 70 peserta dengan subtema “Tips on Winning a Scholarship Interview”. Adapun materi yang disampaikan mencakup sikap apa yang harus diutamakan saat interview, persiapan sebelum melakukan interview, hal apa yang tidak boleh dilakukan saat wawancara, dan beberapa tips untuk lancar dalam menjawab interview.